Let's be creative

Kamis, Mei 19, 2011


APA ITU KREATIVITAS?

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
Itu semua menurut Wikipedia.
Menurut saya sendiri, kreativitas adalah suatu sifat dari seorang manusia yang memang telah ada dari lahir dan memang terdapat dalam semua diri manusia. Sifat disini adalah sifat untuk mengeksplorasi, memodifikasi atau menciptakan sesuatu yang baru yang memang pantas.

MENGAPA KITA HARUS KREATIF?

Ada beberapa orang yang selalu berfikir bahwa mereka tidak kreatif. Mereka tidak memiliki kreativitas apa-apa. Sebenarnya anggapan mereka itu salah. Semua orang itu kreatif. Karena sama seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kreatif adalah suatu sifat bawaan dari lahir. Mungkin saja orang yang berkata seperti tersebut belum mengembangkan kreativitas yang memang ada dalam diri mereka sendiri.
Kita harus kreatif agar kita dapat membuat hidup ini lebih berwarna. Kita tidak mungkin hanya berjalan dengan suatu runtutan waktu yang sama setiap hari. Kita pasti akan meras bosan. Maka dengan kreativitas kita dapat menginovasikan ataupun memodifikasi segala sesuatu yang membosankan menjadi menyenangkan. Tapi perlu diingat juga bahwa segala sesuatu itu ada batasannya. Jangan sampai kreativitas kita mengganggu ataupun merugikan orang lain.

BAGAIMANA MENJADI ORANG YANG KREATIF?

Untuk menjadi orang yang kreatif, pertama adalah kita tidak boleh takut akan ide ataupun pemikiran baru yang muncul dalam otak kita. Kita tidak boleh merasa bahwa ide yang muncul dalam otak kita adalah ide yang tidak mungkin utnuk diwujudkan lalu kita mengabaikan idea tau pemikiran tersebut. Ada baiknya kita mencoba sebelum menyimpulkan. Kita harus berani untuk meluapkan ide atau gagasan dalam pikiran kita. Dan seperti yang disebutkan tadi, harus sesuai dengan batasannya dan harus benar-benar ide kita sendiri dan tidak boleh menjiplak.



TAMBAHAN …

  Ada baiknya bila kreativitas seseorang itu tidak di kekang atau di halangi-halangi. Jika memang idea tau inovasi yang dia keluarkan belum terlalu merugikan, untuk apa itu semua di kritik ataupun di cela? Memang semua orang itu berbeda-beda. Dan semua orang juga dapat dengan bebas menyatakan pendapat dan mengkritik sesuatu. Dan memang juga kritik dapat membangun sebuah ide untuk menjadi lebih baik. Namun bukan berarti kritik tersebut membuat kreativitas itu menjadi hilang. Biarlah orang berkreasi dan berinovasi sesuai dengan kreativitasnya masing-masing namun memang tidak sampai dengan merugikan orang lain.

*maaf apabila ada salah kata :)

0 komentar:

Posting Komentar